Minggu, 15 November 2015

5 Tips Hentikan Kecanduan Ponsel Pintar

Anda bahkan dapat membuat peraturan sendiri mengenai pemakaian smartphone.

Anda dapat menanyakan pada diri sendiri: apakah Anda perlu mengunggah sebuah gambar ke media sosial setelah Anda mengambil gambar tersebut? Apakah Anda akan dirugikan jika menghabiskan waktu lebih sedikit di media sosial?

Tips ini bukan berarti Anda dapat sama sekali berhenti menggunakan smartphone atau mengacuhkan semua notifikasi yang ada pada ponsel. Tujuan akhir dari tips ini adalah agar Anda menyeimbangkan penggunaan smartphone supaya tidak menjadi terlalu berlebihan.




1. Matikan notifikasi
Ada banyak notifikasi yang Anda terima pada smartphone Anda, mulai dari pesan singkat hingga notifikasi media sosial. Hal ini dapat mendorong Anda untuk terus menerus memeriksa smartphone Anda, yang dapat berujung menurunnya produktivitas. Untungnya, baik pada iPhone ataupun Android, Anda dapat mengatur notifikasi apa saja yang aktif. Untuk melakukan ini, Anda dapat membuka menu Settings.

Anda dapat mematikan notifikasi yang dirasa tidak penting, seperti media sosial atau bahkan akun email Anda. Dengan begitu, diharapkan, Anda tidak akan terganggu dengan setiap notifikasi yang muncul. Anda dapat memeriksa akun email atau akun media sosial Anda setiap beberapa waktu sekali.

Hal ini mungkin akan membuat email atau pesan yang harus Anda balas sedikit menumpuk, tapi setidaknya, Anda dapat melakukannya dalam satu waktu.

2. Hapus aplikasi
Jika mematikan notifikasi masih tidak menghentikan kebiasaan memeriksa smartphone, maka Anda perlu mengambil tindakan yang lebih ekstrem, yaitu menghapus aplikasi yang dirasa tidak penting. Dengan membatasi aplikasi yang ada, Anda tidak hanya membebaskan diri dari gangguan notifikasi setiap waktu, tetapi juga membebaskan memori smartphone.

Sesekali, Anda perlu memeriksa daftar aplikasi yang ada pada smartphone. Pastikan aplikasi yang ada di smartphone memang aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Jika dalam waktu satu bulan belum kembali mengunduh aplikasi tersebut, kemungkinan, Anda memang tidak memerlukan aplikasi itu.
Lazada Indonesia
3. Aktifkan Airplane Mode
Meski disebut sebagai Airplane Mode, mode ini dapat Anda manfaatkan bahkan ketika sedang tidak berada dalam pesawat terbang. Salah satu keuntungan mengaktifkan mode ini adalah Anda tidak perlu khawatir akan terganggu oleh notifikasi pada ponsel, tetapi Anda tetap dapat memanfaatkan ponsel untuk mengambil gambar, atau untuk mengakses konten yang tersimpan pada smartphone.

Dengan mengaktifkan Airplane Mode, Anda juga dapat menikmati waktu di pagi hari. Satu hal yang harus Anda ingat adalah saat smartphone berada dalam Airplane Mode, Anda juga tidak akan menerima panggilan telepon ataupun SMS.

4. Gunakan aplikasi yang membantu Anda menghentikan kecanduan smartphone
Anda dapat menemukan aplikasi yang dapat membantu menghentikan kecanduan pada smartphone. Salah satu contohnya adalah BreakFree. Aplikasi ini akan memberitahu Anda aplikasi apa saja yang menghabiskan waktu paling banyak dan juga seberapa sering Anda memeriksa smartphone.

Anda juga dapat menemukan beberapa aplikasi alternatif seperti aplikasi StayOnTask, yang akan mengingatkan waktunya bekerja, bukannya memainkan smartphone.

5. Sembunyikan smartphone Anda
Letakkan smartphone di tempat yang tidak memungkinkan Anda untuk terus menerus memeriksanya. Misalnya, Meletakkan smartphone di dalam laci saat berada di kantor, dan berjanji pada diri sendiri untuk memeriksa smartphone hanya dua atau tiga kali dalam sehari. Di rumah, Anda dapat mengalihkan perhatian dari smartphone dengan menonton film.

sumber:
metrotvnews.com