Minggu, 05 Juli 2015

5 Cara Agar Wifi Aman

Wifi sebaiknya selalu diberi password agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang pandai namun sekedar iseng atau malah membobol isi laptop kita.

Sayang kalo punya ilmu, tapi disalahkgunakan seperti untuk menjebol wifi. Itu namanya ilmu yang tidak barokah sama sekali.

Beberapa kerugian sederhana jika jaringan WiFi tidak terproteksi dengan benar adalah:

- Meningkatkan tagihan internet bulanan Anda terutama bila Anda harus membayar per byte transfer data.
- Menurunkan kecepatan akses internet Anda karena Anda sekarang berbagi koneksi internet dengan pengguna lain.
- Membahayakan keamanan, memungkinkan orang lain mengakses file pribadi di komputer Anda melalui jaringan Wi-Fi Anda sendiri.


5 Cara Agar Wifi Aman

Lantas bagaimana caranya melindungi jaringan WiFi Anda? Brikut adalah langkah sederhana yang dapat Anda terapkan untuk melindungi jaringan WiFi Anda:

1. Buka halaman pengaturan router Anda
Pertama, Anda perlu tahu bagaimana untuk mengakses pengaturan router nirkabel Anda. Biasanya Anda dapat melakukan ini dengan mengetikkan "192.168.1.1" ke browser web Anda, dan kemudian masukkan nama pengguna dan password yang benar untuk router. Hal ini berbeda untuk setiap router, jadi periksa dulu instruksi manual router Anda.

2. Buat password yang unik pada router Anda
Setelah Anda login ke router Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah password bawaan router Anda. Hal ini akan mencegah orang lain mengakses router dan Anda dapat dengan mudah mempertahankan pengaturan keamanan yang Anda inginkan. Anda dapat mengubah password dari pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router Anda.

3. Ubah nama SSID Jaringan Anda
SSID atau nama jaringan WiFi dari Wireless Router Anda biasanya menggunakan nama perangkat. Meskipun tidak akan membuat jaringan Anda rentan, tetapi mengubah nama SSID jaringan Anda adalah ide yang baik karena akan membuatnya lebih jelas bagi orang lain untuk mengetahui jaringan mereka terhubung.

4. Aktifkan Enskripsi Jaringan
Untuk mencegah komputer lain di daerah terdekat menggunakan koneksi internet Anda, Anda perlu untuk mengenkripsi sinyal nirkabel Anda. Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel, yaitu WEP, WPA, dan WPA2. Enskripsi paling aman adalah WPA2.

5. Filter alamat MAC
Setiap perangkat elektronik khususnya komputer dan gadget memiliki MAC address (alamat MAC) yang unik. MAC address inilah yang dapat didaftarkan pada perangkat router agar perangkat yang tak didaftarkan tidak dapat tersambung dengan router.
sumber: metrotvnews.com