Selasa, 07 Juli 2015

3 Metode Hapus Kontak Ganda Android

Kontak ganda hanya akan membuat bingung dan membutuhkan waktu yang lama untuk open kontak.

Dengan beberapa langkah saja, seluruh kontak ganda Anda akan dihilangkan dari ponsel Android Anda. Berikut adalah tiga metode yang dapat ditempuh untuk menghapus kontak ganda pada ponsel Android Anda:

Metode 1: Menggunakan Gmail.

Jika ponsel Anda tidak memiliki fitur merge accounts, Anda dapat mencoba metode kedua ini sebagai alternatif. Untuk menghapus kontak ganda dengan menggunakan Gmail, cukup buka akun Gmail Anda dari PC, lalu pilih menu "Contacts" dari menu Gmail yang ada di sebelah kiri. Dari sana pilih menu "More" dan pilih "Find & Merge Duplicates". Setelah itu, pilih kontak yang akan digabungkan dan klik tombol "Merge" untuk menghapus kontak ganda Anda. Perlu diingat bahwa metode ini hanya akan berfungsi bila Anda melakukan sinkronisasi kontak dengan akun Google Anda.

Metode 2: Menggunakan Aplikasi Contacts Bawaan.

Sebelum menggunakan metode yang lebih rumit, ada baiknya jika Anda menggunakan fitur merge accounts yang telah tersedia di aplikasi contacts bawaan yang hadir di sebagian besar ponsel Android. Untuk menggunakannya, tekan tombol menu dan pilih "Merge Accounts", lalu pilih "Merge From Google". Selanjutnya, tekan tombol "Next" lalu "OK" dan seluruh kontak ganda Anda akan hilang secara otomatis.

Metode 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga.

Jika Anda merasa bahwa kedua metode di atas tidak memungkinkan, Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi Android untuk menghapus kontak duplikat di ponsel Anda. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Duplicate Contacts yang tersedia gratis di Google Play Store. Yang Anda lakukan adalah cukup dengan mengunduh dan meng-install aplikasi tersebut, dan jalankan dari ponsel Anda. Aplikasi akan memindai ponsel Anda dan mencari kontak ganda yang ada, setelah itu Anda dapat menghapusnya satu-persatu atau seluruhnya secara langsung.
sumber: metrotvnews.com