Minggu, 05 April 2015

4 Macam Cara Hapus Aplikasi Android

Terkadang kita sering lupa, memasang aplikasi sana-sini sehingga ruang untuk menyimpan tak terasa penuh. Karenanya, kita perlu menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah terinstal secara aman.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda pun harus menghapus berbagai aplikasi yang jarang atau tak diperlukan, sehingga perangkat Android Anda memiliki ruang penyimpanan ekstra untuk memasang aplikasi lainnya.

Lalu bagaimana caranya menghapus aplikasi di Android?
Sebenarnya ada empat cara untuk menghapus aplikasi dari perangkat Android Anda, berikut adalah keempat cara tersebut:


1. Menghapus aplikasi melalui Apps Drawer

Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah. Cukup geser dan letakan lambang aplikasi yang ingin Anda hapus ke bagian pilihan "uninstall" yang berada di atas layar. Sayangnya, cara ini tidak berlaku di semua perangkat. Beberapa perangkat yang telah mendukung cara penghapusan aplikasi melalui Apps Drawer adalah jajaran produk Samsung Galaxy, HTC M7, M8, serta jajaran produk Nexus.

2. Menghapus aplikasi melalui Application Manager

Jika perangkat Anda tak mendukung cara pertama, cara selanjutnya adalah melalui Application Manager. Application Manager dapat diakses melalui menu pengaturan atau settings yang ada di perangkat Android Anda. Melalui Application Manager, Anda juga dapat melihat detail informasi dari setiap aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.

3. Menghapus aplikasi melalui Google Play Store

Selain berfungsi sebagai tempat untuk mengunduh aplikasi di Android, aplikasi Google Play Store yang merupakan aplikasi bawaan Android juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi yang terpasang di dalam perangkat Anda. Caranya cukup mudah, yaitu buka aplikasi Google Play Store, lalu pilih menu My Apps. Setelah itu, pilih aplikasi yang akan dihapus dan tekan tombol uninstall.

4. Menghapus aplikasi melalui aplikasi pihak ketiga

Cara terakhir untuk menghapus aplikasi Android adalah dengan memasang aplikasi khusus yang dapat menghapus aplikasi lainnya di perangkat Anda. Salah satu aplikasi penghapus tersebut adalah Easy Uninstaller yang dapat diunduh lewat Google Play Store secara gratis. Melalui Easy Uninstaller, Anda juga dapat menghapus beberapa aplikasi sekaligus. Cukup pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, dan tekan tombol uninstall untuk menghapus aplikasi yang telah Anda pilih sebelumnya.

sumber: metrotvnews.com