Jumat, 09 Maret 2012

Cara Membuat Account Baru di BlackBerry

Namanya perangkat mobile pastilah harus menggunakan kartu atau SIM bila ingin menggunakannya secara lebih. Begitu pula kalau sudah ada kartunya, belum cukup segitu, ahrus disetting sana dan sini.

Rasanya mudah saja kalau hanya menggunakan perangkat biasa, bukan BlackBerry. Namun kalau menggunakan perangkat BlackBerry bagaimana. Ada yang sudah familiar, namun ada juga yang belum paham.


Nah, kali ini postingan ini diperuntukkan hanya bagi para pemula BlackBerry saja.
Entah menggunakan BlackBerry tipe lama atau baru semua sama saja caranya. Sebagai contoh kita akan gunakan operator seluler XL.

Cara Buat Akun Baru di BlackBerry adalah sebagai berikut:
1. Masukkan kartu SIM XL ke ponsel.

2. Lakukan aktivasi layanan BLackBerry, dengan cara ketik cth : BB ONE daily -> BB ON ke 568.

3. Setelah layanan BB XL-nya aktif yang ditandai dengan indikator sinyal diatas kanan layar bertuliskan GPRS / EDGE / 3G BB, lakukan Host Routing table (HRT) di BB dengan cara sbb :
  • Masuk ke menu options atau setting di BB nya
  • Pilih advance options
  • Pilih host routing table
  • Bold ID paling atas atau kode ID yang ditulis dengan bold style , tekan menu pilih Register Now
4. Setelah selesai dengan HRT, kembalilah ke menu awal. Kemudian masuk ke menu email setting, atau nanti secara otomatis akan muncul ikon browsing dengan redirect ke email setting. Untuk tampilan O.S 4.6 ke atas seperti BB tipe Bold , Javelyn, Storm, Gemini, dan Tour, harus masuk ke menu setup terlebih dahulu, baru memilih email setting

5. Di menu email setting, pilih create new account di new user

6. Akan muncul user agreement pilih yes lalu I agree

7. Setelah itu akan ada permintaan untuk add email account, pilih cancel dahulu

8. Kemudian pilih setting

9. Akan ada pilihan create user name

10. Buat user name dan password sesuai keinginan, setelah itu baru add my existing email account di menu email account (baik yahoo, gmail ,hotmail, dll)

11. Terakhir setelah email account di add kembali ke menu setting di email setting nya, pilih help di menu setting tersebut,

12. Pilih send service book

Jika kembali ke desktop awal, maka akan muncul ikon baru dengan nama email yang baru saja Anda tambahkan.

NB:
1. Proses ini dapat dilakukan di semua jenis Blackberry baru maupun bekas.
2. Jika proses ini dilakukan di Blackberry bekas, dan muncul pesan error "an account has already exsist" silahkan konfirmasi ke pengguna lama untuk melakukan release PIN dari operator BB sebelumnya.
3. Proses ini hanya dapat dilakukan untuk pengguna Blackberry dengan kondisi Blackberry PIN dan atau perangkat BB sudah teregister di RIM.