Rabu, 08 Februari 2012

Masalah WLAN Nokia N9

Jika terjadi masalah WLAN pada Nokia N9 apa yang ahrus dilakukan

Ada beberapa alasan terjadinya masalah WLAN, penyebabnya antara lain karena ketidaksesuaian konfigurasi atau ketidakkompatibelan antara Nokia N9 dan jalur akses WLAN.

Pertama-tama, pastikan pengaturan konfigurasi WLAN di N9 telah sesuai dengan pengaturan yang ditetapkan dalam jalur akses WLAN. Pastikan metode keamanan yang benar telah dipilih di ponsel jika menggunakan akses WLAN aman.

Menggunakan Bluetooth dan WLAN secara bersamaan dapat mengakibatkan interferensi bila keduanya dioperasikan di pita frekuensi yang sama. Coba nonaktifkan Bluetooth di ponsel saat menyambung ke WLAN.


Pada jalur akses WLAN tertentu, mungkin terjadi masalah kompatibilitas, misalnya saat modus hemat daya diaktifkan atau saat menggunakan modus 802.11n. Untuk menghindari masalah apapun pada jalur akses WLAN, pastikan firmware versi terkini telah terinstal. Jika masalah berlanjut, Anda dapat mencoba cara berikut ini:

Modus hemat daya
Dengan beberapa jalur akses WLAN, mungkin akan terjadi masalah terkait hemat daya bila WMM (Wi-Fi Multimedia) dan U-APSD (Unscheduled Automatic Power Save Delivery) diaktifkan pada jalur akses. Hal ini dapat mengakibatkan transfer data ke ponsel terhenti setiap kali ponsel beralih ke modus tidur. Sebagai hasilnya, bila menggunakan, misalnya browser Web, pengguna mungkin harus menekan link beberapa kali hingga link tersebut terbuka.

Panggilan VoIP atau e-mail push masuk mungkin tidak berfungsi dengan baik karena ponsel tidak menerima paket data saat dalam modus hemat daya.

Sebagai solusinya, coba nonaktifkan hemat daya WMM di jalur akses WLAN.

Kekurangan dari perubahan ini adalah ponsel yang tidak mengaktifkan hemat daya akan menggunakan energi lebih besar, yang mengakibatkan daya baterai lebih cepat habis. Modus 802.11n juga dapat nonaktif jika digunakan.

Modus 802.11n:

Masalah konektivitas telah diketahui dengan jalur akses dari vendor tertentu saat menyambung ke jalur akses WLAN menggunakan modus IEEE 802.11n, jika pembaruan firmware jalur akses tidak membantu atau pembaruan firmware tidak tersedia, maka solusinya adalah menonaktifkan modus 802.11n dan memaksa jalur akses untuk hanya menggunakan modus 802.11b/g.