Rabu, 02 November 2011

Bermacam Modus Pencurian Pulsa

Kasus pencurian pulsa saat ini masih saja beredar, padahal pemerintah sudah memperingatkan agar pihak yang terkait segera bertobat.

Kalau dilihat dari banyaknya pencurian pulsa ke banyak nomor seluler di Indonesia, kayaknya itu merupakan suatu organisasi yang sudah terorganisir dengan rapi. Bukan hanya satu dua orang mungkin ribuan orang yang telah mendapatkan SMS belikan Mama Pulsa dan sebagainya.


Untuk itu kita harus waspada dengan macam-macam modus pencurian pulsa akhir-akhir ini agar pulsa aman, uang tersumbangkan ke tempat yang tidak jelas dan sebagainya.

Opini Pencurian Pulsa.
Sebagai opini saja, ponsel sekarang sudah menjalar ke seluruh pelosok tanah air. Bahkan ke pelosok desa yang terpencil sudah memiliki hp sebagai sarana berkomunikasi antar teman dan keluarga.

Mungkin, mungkin saja ya ada seorang petani biasa yang memiliki ponsel untuk keperluan komunikasi jarak jauh dengan anaknya yang ada di luar kota.
Belum tentulah si petani dari daerah terpencil tadi mengerti cara menggunakan hp dengan benar, dalam artian hanya kalau ada sms dan telepon saja dia mengerti. Karena sebagian besar para penduduk di pelosok pendidikan masih kurang.

Nah, kalau ada sms masuk yang memberitahukan bahwa nomornya telah mendapat undian mobil, bukan tak mungkin dia akan menuruti apa saja agar mendapatkan mobil itu, termasuk menyetor sejumlah uang (transfer) ke nomor rekening tertentu.



Anehnya lagi, kalau ada warga yang protes tentang pencurian pulsa, maka si pelapor akan digugat. Padahal dia ini telah memberikan masukan penting buat orang banyak nantinya. Alasan digugatnya dia karena telah mencemarkan nama baik suatu perusahaan tertentu. Seharusnya kritikan seperti itu diterima dengan legowo.

Berikut ini ada beberapa macam modus pencurian pulsa yang tengah beredar di Indonesia:
1. SMS Nyasar.
Contohnya:
Kiriman Mama pulsa ini nomornya...

2. PopScreen.
Tiap kali kita membeli nomor hp yang baru, pop screen ini pasti aktif.
Seakan pengguna dipaksa untuk menikmati isi dari pop screen tadi.
Segera non-aktifkan pop screen ini melalui menu kartu.


3. Layanan Konten Premium.
Konten premium ini cirinya adalah ada * dan #
Inilah kasus penyedotan pulsa terbesar selama ini, karena nominalnya terbilang besar juga sih.
Cirinya biasanya mereka memberikan konten gratisan terlebih dahulu seperti wallpaper, ringtone dan sebagainya. Nanti setelah itu akan berbayar dengan otomatis menyedot pulsa.

4. Layanan Mobile.
Layanan ini berhubungan dengan browser ponsel.
Cirinya adalah REG
Jadi telaah terlebih dahulu sebelum melakukan reg.

5. Jangan Mengobral Nomor hp di web.
Ini sangat berbahaya, karena siapa saja akan bisa melihat nomor ponselmu.
Sehingga kemungkinan besar akan segera menerima sms atau telepon nyasar dan sebagainya yang memberikan iming-iming hadiah dan sebagainya.

Itulah beberapa modus pencurian pulsa akhir-akhir ini.
Ingat, sekalipun Anda sudah berhati-hati, peluang untuk mendapatkan sms seperti di atas masih ada. Namun, dengan mengurangi kebiasaan untuk berbagi data, iseng-iseng reg dan sebagainya, setidaknya akan mengurnagi pula peluang untuk mendapatkan sms nyasar tersebut.